//
anda sedang membaca...
Dunia Spasial

Meneropong Indonesia Melalui Dunia Maya


Perobahan kemajuan teknologi yang pesat saat ini, membuat informasi berseliweran dengan cepat dan mudah. Dunia terasa menjadi sedemikian kecil karena kita dapat mengetahui informasi terkini di suatu tempat yang jauh dalam hitungan detik. Berikirim berita antar negara pun tidak lagi memerlukan kertas, amplop dan perangko, serta waktu kirim yang lama. E-mail mempermudah kita untuk menulis, tekan “send” dan kemudian e-mail kita dapat segera terbaca oleh pihak yang dituju.

Indonesia sebagai negara yang penduduknya tersebar di ribuan pulau, tentunya akan sangat terbantu dengan kemajuan teknologi ini. Negeri yang Indah, Kaya namun sarat bencana ini, akan dapat terbantu jika kita mampu memanfaatkan teknologi dunia maya untuk saling berbagi informasi.

Untuk itulah, Neo-net hadir, memanfaatkan teknologi untuk menginformasikan hasil informasi kebumian ke sulurh penjuru nusantara. Teknologi Informasi dengan basis spasial, akan dapat dipadukan menjadi sebuah pustaka besar dunia maya yang memuat banyak sekali informasi kebumian nusantara. Dia bisa jadi tempat untuk observasi real time bagi dinamika bumi Nusantara dan juga belahan dunia lainnya yang akan memiliki dampak langsung kepada Indonesia, namun dapat juga menjadi sumber informasi bagi keberadaan data, institusi kebumian bagi seluruh simpul atau node yang ada di Indonesia.

Node atau simpul dapat diartikan sebagai tempat atau sumber informasi yang secara khusus atau secara rutin mengeluarkan informasi kebumian. Misalnya: informasi bencana yang dapat dibagi kedalam simpul : Banjir, Lumpur, Gunung Berapi, Gempa Bumi, Kekeringan, Longsor, Kebakaran Hutan dan lain-lain. Atau informasi sumberdaya alam yang dapat dibagi lagi kedalam banyak hal seperti: batubara, migas, timah, besi, dan lain-lain.

Menjadi pusat informasi bukanlah pekerjaan mudah, namun dia memiliki tujuan yang mulia dan bermanfaat bagi umat manusia. Maju terus Neo-net, mari kita wujudkan apa yang menjadi cita-cita kita bersama.

About udrekh

Penghayal dan pemimpi

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: