//
anda sedang membaca...
Geologi

Gempa Tasikmalaya


lokasi_gempa_tasik20090902

Kembali Indonesia diguncang gempa 7,3 SR (BMKG) tanggal 2 September 2009, jam 14.55, yang berpusat di barat daya Tasikmalaya atau tepatnya pada 8.24 LS – 107.32 BT. Pusat gempa yang terjadi di selatan Pulau Jawa ini telah meluluhlantakan beberapa kota di sekitar Tasikmalaya , Cianjur, dan Ciamis-Banjar, serta beberapa kota lainnya di Jawa Barat.

Seperti biasa yang telah di jelaskan oleh para pakar kegempaan bahwa fenomena alam ini merupakan pelepasan energy sebagai proses kesetimbangan alam, akibat adanya tekanan dari tumbukan Lempeng Samudera Indo-Australia di bawah Lempeng Eurasia. Namun kemudian dengan gempa susulan yang terjadi setelah gempa pertama 7,3 SR pada kedalaman 30 km, yang disusul oleh 2 gempa susulan dengan selang 1 jam (lihat table di bawah), diduga terjadinya sobekan baru yang berarah relative Utara Baratlaut (UBL) ā€“ Selatan Tenggara (ST), pada lapisan batuan di cekungan busur depan, system Busur Kepulauan Indonesia, khususnya Pulau Jawa, yang berarah relative Utara Baratlaut (UBL) ā€“ Selatan Tenggara (ST).

mag_gempa_tasik20090902

Sumber : BMKG

Bila hipotesa tersebut memang betul adanya, maka tidak menutup kemungkinan bahwa sobekan tersebut telah menyebabkan pergeseran bidang sesar baru ke sampai permukaan, hanya berupa sesar mendatar, mengingat sampai sejauh ini tidak menyebabkan tsunami.
Kembali bahwa Bumi Nusantara, khususnya busur kepulauan Indonesia ini tidak akan terlepas dari bencana gempa.

Oleh : Djoko Nugroho (ahli geologi/peneliti di Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) untuk Nusantara Earth Observation Network (NEOnet)

About Agus Wibowo

Peneliti Bidang Remote Sensing dan GIS di Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam BPPT. Sejak Januari 2012 pindah tugas di Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: