//
anda sedang membaca...
Umum

“JAS MERAH”


Mungkin banyak diantara kita yang sudah langsung mampu menangkap apa arti judul di atas. Yah, konon kata-kata Jas Merah itu adalah ungkapan terkenal bung Karno yang berarti “JAngan melupakan SejaRAH”

Apa yang ingin saya bagi pada dasarnya tidak terkait langsung dengan hafalan kita mengenai masa perjuangan para pahlawan Indonesia, akan tetapi terkait dengan prilaku kita di dunia Teknologi Informasi, maupun observasi kebumian yang kita lakukan.

Ada salah satu kebiasaan yang sukar untuk dilakukan oleh kebanyakan orang termasuk saya. Yaitu, “Mencatat”. Bagi para programmer, hal ini terkadang juga menyebabkan terbuangnya banyak waktu, karena beberapa perintah atau trouble shooting yang suda susah payah ditemukan, kemudian terlupakan dan harus mencarinya kembali. Salah satu pesan dari seorang yang berilmu adalah “Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya”. Yah, apapun alasan kita yang enggan mencatat, menuliskan sesuatu adalah sebuah kebiasaan yang baik.

Di dunia komputer, sebenarnya prilaku ini adalah sebuah prilaku rutin Sedemikian banyak aplikasi yang disediakan untuk membuat Todo list, calendar, atau bahkan membuat sebuah disain proyek yang detail dan teratur. Program antivirus mencatat kapan dia terakhir melakukan pengecekan, dan ada jadwal program tersebut melakukan pengecekan secara lengkap. Banyak penggemar komputer yang sangat terbantu dengan log yang ada pada komputer, sehingga dia bisa mendeteksi kerusakan atau apa saja yang telah dilakukan. Bagi yang terbiasa untuk melakukan back up seperti pada OS Windows, akan terbantu sekali untuk mengembalikan kondisi OS ke kondisi yang baik di masa yang lalu.

Bagi kita yang bermain di dunia spasial dan observasi kebumian seperti SIJAMPANG, atau SILUNGKANG, tentu saja aspek catatan hujan, atau histori gempa merupakan sesuatu yang perlu disimpan dalam bentuk database maupun arsip file yang baik. Data curah hujan dari radar, maupun informasi dari AWS atau SMS, perlu disimpan dengan baik, sehingga kita mampu melakukan verifikasi, validasi bahkan analisis mengenai curah hujan berdasarkan tempat dan waktu. Jika kita sudah punya informasi genangan, tentu saja peta sejarah genangan akan sangat membantu kita dalam menyediakan informasi yang lebih berisi.

Wah, pagi ini saya menjadi kembali teringat dengan “JAS MERAH”, semoga saya dan anda juga termotifasi untuk mulai membangun dunia kerja yang lebih tercatat dan tertata dengan mulai menulis setiap kegiatan yang kita lakukan. Walau mungkin agak terlambat, tapi tetap baik untuk dimulai, dari detik ini juga.

Wallahu a’lam bis sawab.

About udrekh

Penghayal dan pemimpi

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: