//
anda sedang membaca...
Training Umum

Pelatihan Pengoperasian Penjejak Ikan Nan Cerdas (SIKBES IKAN)


Senin, 29 Maret 2010
NEOnet Jakarta. Pada tanggal 24 s/d 26 Maret 2010 Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam (TISDA) BPP Teknologi mengadakan pelatihan pengoperasian Penjejak Ikan Nan Cerdas (SIKBES IKAN).
Kegiatan ini merupakan kerjasama antara PTISDA-BPPT dengan BAPEDDA Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Dilaksanakan dari tanggal 24 April sampai dengan 26 April 2010 yang bertempat di NEONET BPPT.  Peserta merupakan perwakilan dari BAPEDDA kabupaten Parigi Moutong dan sebagai pelatih dari pihak PTISDA-BPPT.  Bahan yang disampaikan terdiri dari : proses pengumpulan/download data AQUA MODIS level 1 1km, dari data yang didapat kemudian diolah dengan software SeaDAS 5.4, untuk kali ini software yang  digunakan tetap dibawah OS windows dengan bantuan software Virtual Machine.  Hasil keluaran dari pengolahan yang dilakukan di SeaDAS ini merupakan file ASCII yang berisi informasi lintang bujur dan data klorofil dan data suhu permukaan laut dari daerah yang dipilih. Kemudian dari output yang didalam, dijadikan input dalam sistem SIKBES, dimana dalam sistem SIKBES ini akan dihasilkan berupa informasi daerah prediksi penangkapan ikan, dari daerah-daerah yang didapat kemudian dapat juga ditentukan jarak dari titik awal ke tempat penangkapan, kemudian kedalaman dan dalam penyempurnaannya nanti dapat menentukan modal yang diperlukan maupun prediksi hasil yang akan didapat setelah ada penyempurnaan nantinya.  Peserta terdiri dari Pak Syahreza dan ibu Yanti, yang merupakan perwakilan daerah. Adapun tenaga pengajar terdiri dari Awaluddin, Yoke Faizal dan Sdr Dadan Gunawan. Pelaksanaan pun lancar sampai akhir acara dan peserta sepertinya sudah cukup menguasai bahan, walaupun dibutuhkan pendalaman dengan cara lebih dilatih di tempatnya masing-masing.  (Yoke Faizal).

About Agus Wibowo

Peneliti Bidang Remote Sensing dan GIS di Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam BPPT. Sejak Januari 2012 pindah tugas di Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Discussion

4 thoughts on “Pelatihan Pengoperasian Penjejak Ikan Nan Cerdas (SIKBES IKAN)

  1. ingin tau lebih bayaak

    Posted by mukhlis | 12/06/2010, 12:50 pm
  2. no hp contact person

    Posted by mukhlis | 14/06/2010, 10:40 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: