//
anda sedang membaca...
Aplikasi Spasial

Foto “Geotagging”


Apa Foto “Geotagging”

Saat ini kebanyakan orang menggunakan foto dijital baik dengan menggunakan kamera dijital atau perangkat telepon genggam (handphone / smartphone). Saat ini, banyak telepon tenggam yang sudah dilengkapi dengan sistem penentu posisi / lokasi berbasis Global Positioning System (GPS). Dengan demikian orang dapat menentukan posisinya dalam sistem koordinat lintang bujur secara mudah dengan telepon genggam tersebut. Bahkan foto yang diambil dengan perangkat telepon genggam tersebut juga sudah dilengkapi dengan informasi posisi/lokasi dalam sistem koordinat lintang bujur. Informasi posisi/lokasi tersebut disimpan dalam file foto dijital yang diambil. Foto dijital yang sudah memuat informasi posisi / lokasi inilah yang disebut dengan foto “geotagging”.  File foto dijital biasanya disimpan dalam format EXIF. Berikut ini adalah contoh foto “geotagging” bagian kanan foto adalah deskripsi dari foto, pada bagian yang dilingkari adalah koordinat lokasi dari foto yaitu 6.556839° S, 106.766510° E.

Gambar 1. Contoh Foto “Geotagging”

Membuat foto “Geotagging” 

Banyak perangkat telepon genggam yang bisa digunakan untuk membuat foto “Geotagging”, persyaratan yang diperlukan adalah “Telephone Genggam dengan Kamera + GPS”.  Pada contoh ini digunakan telepon genggam BB Curve 3G, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu “Camera”
  2. Tekan tombol blackberry (gambar logo blackberry) –> click Geotagging –> Click On, tunggu beberapa saat maka di bagian atas ada simbol “paku merah” dan nama lokasi (dalam kasus ini “Tanah Abang, , Indonesia”).  Lihat gambar di bawah.
  3. Selanjutnya anda tinggal mengambil gambar saja, maka secara otomatis koordinat lintang bujur posisi foto akan disimpan dalam file dijital fotonya.

Menampilkan Foto “Geotagging”

Untuk menampilkan Foto “Geotagging” yang secara otomatis terhubung ke peta, Anda dapat menggunakan software Picasa dari Google. Setelah software Picasa di-install, selanjutnya anda bisa meng-import foto dijital dari perangkat genggam ke PC maka secara otomatis lokasi foto akan terhubung ke peta. Gambar berikut adalah contoh tampilan software Picasa.

Foto “Geotagging” dari Blackbery dapat juga diupload ke Picasaweb dengan cara kirim email, silahkan lihat di tulisan selanjutnya.

About Agus Wibowo

Peneliti Bidang Remote Sensing dan GIS di Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam BPPT. Sejak Januari 2012 pindah tugas di Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

Discussion

3 thoughts on “Foto “Geotagging”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Upload Foto via Email « NEOnet: Bersinergi membangun negeri - 23/12/2011

  2. Pingback: Upload Foto Geotagging via Email « NEOnet: Bersinergi membangun negeri - 16/01/2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: