//
anda sedang membaca...
Dunia Spasial

Catatan #01 – PRB Banjir Jakarta


Diskusi mengenai PRB Banjir Jakarta 2012 di NEOnet BPPT.

Diskusi mengenai PRB Banjir Jakarta 2012 di NEOnet BPPT.

Jakarta mempunyai isu yang sangat kuat terkait dengan “bencana hidrometeorologi” saat mana memasuki awal tahun. Bencana alam yang selalu hadir di Jakarta adalah banjir. Hal ini akan “menghantui” Jakarta selama bulan Januari dan Pebruari setiap tahunnya.

BPPT pada kedeputian TPSA (Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam) mencoba memberikan masukan berupa aplikasi dari berbagai disiplin ilmu yang tergabung dalam tim khusus.

Gugus tugas ini (sebut saja demikian) merupakan gabungan para perekayasa dan peneliti dari Pusat Teknologi Pengelolaan Lahan Wilayah dan Mitigasi Bencana (PTLWB), Pusat Teknologi Inventarisasi Sumberdaya Alam (PTISDA) dan Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan (UPTHB), serta tim dari Nusantara Earth Observation Network (NEOnet).

Secara umum ada beberapa penugasan yang kemudian dikelompokkan dalam tiga hal utama, yaitu:

  • Penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)
  • Pemetaan kondisi fisik dan sosial pada DAS Ci Liwung secara detil
  • Pengemasan dan penyampaian informasi pada publik

Untuk kegiatan gugus tugas ini maka NEOnet akan menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi sekaligus menjadi “situation room” bagi semua pihak yang terlibat.

Hari pertama dari gugus tugas ini adalah diskusi dalam memetakan permasalahan, membatasi skup kajian dan pembahasan, dan juga pemaparan beberapa kajian yang akan diterapkan. Beberapa pengembangan dari model hidrologi, pengetahuan cuaca, data curah hujan dari Radar Cuaca, dan kemampuan modifikasi cuaca juga dibicarakan.

Diskusi teknis selanjutnya akan lebih fokus pada masing-masing bagian, dan rencana tindak di lapangan. Penyampaian pada publik juga menjadi perhatian utama untuk membantu memperkaya informasi, agar aksi mitigasi dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan baik.

Kegiatan diskusi ini dijadwalkan dilaksanakan tiap pagi dari jam 08.00 sd 09.00 di NEOnet, Gedung 1 Lantai 20 BPPT Jakarta.

Bagi yang mempunyai akun twitter, diskusi dapat diikuti juga secara langsung melalui @NEOnetBPPT.

About httsan

lahir di indonesia, belajar di indonesia, bekerja untuk indonesia, dengan komunikasi dunia.

Discussion

One thought on “Catatan #01 – PRB Banjir Jakarta

  1. saran dan masukan untuk penaganan banjir, khususnya jakarta dan dimana saja.

    ” yang namanya banjir, itu akan terjadi bila curah hujan dan air yang datangnya tiba-tiba, dimana saluran penyaluran pembuangan air itu kurang, tidak lancar, bahkan ada saluran pembuangan tapi dipenuhi sampah dan barang-barang organik dan non organik, tertahan di saluran,sehingga kelancaran pengaliran air tidak lancar, maka terjadilah banjir.

    hal utama yang paling penting adalah kesadaran masyarakat yang hidup disekitar pinggiran/ tepi sungai, dengan sadar tidaklah membuang sampah di saluran/selokan.

    ke 2. sampah yang dibuang tempat penampungan hendaknya di ikat atau disatukan dlm kantong/goni agar tidak berserakan dan ditiup angin, sehingga tidak terbawa masuk ke selokan/saluran, karena klau namanya sampah yang sudah terwaba ke selokan/saluran tidaklah mungkin angin dapat meniup sampah ini keluar dari selokan, dan terus terjadi hari kehari,semangkin banyak timbunan sampah tersebut dan terjadilah penyumbatan, yang akhirnya menghambat air pembuangan dari dataran yang lebih tinggi nenuju penyaluran yaitu selokan sampai saluran besar/kali yang menuju kepembuangan akhir/laut.

    saran yang 3. apabila sampah yang sudah terlanjur atau tertumpuk dalan saluran tidaklah diperduli atau diangkat dengan kata dibersihkan, dan hujan lebat tiba-tiba datang, takterelakkan maka terjadilah “BANJIR”

    saya ingin mnyampaikan dan saran kepada Bapak Gubernur DKI (Bapak. JOKOWI-AHOK) untuk bisa mengadakan beberapa unit alat (tahap I cukup satu unit saja) excavator air / behu ampibi, yang dapat menagani pekerjaan pembersihan (sampah atau limbah sungai, rawa seperti ecenggondok yang tumbuh cepat di permukaan air khususnya di rawa dan limbah lainnya ) sangatlah efektive dengan menggunakan alat tersebut. bila berkenan untuk saya kirim browsure atau video presentasi alat tersebut, boleh kirim informasi ke email saya : yanimega23@yahoo.co.id / yanimega23@gmail.com.

    terima kasih bila ada warga Jakarta yang dapat sampaikan informasi ini kepada bapak Gubernur DKI, (Bapak. JOKOWI-AHOK) agar Jakarta bisa cepat menyelesaikan masalah ” BANJIR” banjir yang berkepanjangan

    Posted by mega yani | 26/10/2012, 2:06 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: